Sejarah Copa America, Ketika Messi Menampik Gelar

Bola.net 2021-06-17 20:01:00
Pandemi Covid-19 mengubah lanskap sepak bola dengan cara yang tidak terbayangkan. Siapa sangka Brasil sebagai tuan rumah Copa America 2021 ini justru ditentang oleh pelatih dan timnas-nya sendiri soal kegigihan untuk melanjutkan agenda rutin di kawasan Am

Pandemi Covid-19 mengubah lanskap sepak bola dengan cara yang tidak terbayangkan. Siapa sangka Brasil sebagai tuan rumah Copa America 2021 ini justru ditentang oleh pelatih dan timnas-nya sendiri soal kegigihan untuk melanjutkan agenda rutin di kawasan Amerika Selatan ini? Apalagi sebabnya kalau bukan karena keraguan mereka soal kedisiplinan pelaksanaan protokol kesehatan di sepanjang turnamen yang digelar selama sebulan sejak 13 Juni.

Sejatinya kejuaraan yang akan digelar di Argentina dan Kolombia pada tahun silam pun seperti biasa bakal mengundang timnas tamu asal Asia, namun semua batal karena pandemi. Ya, Qatar dan Australia menarik diri pada Februari silam karena gelaran putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 di zona Asia diundur dan digelar juga pada Juni ini.

Well, bila Kolombia menyatakan mundur sebagai tuan rumah karena Presiden Ivan Duque Marquez diprotes soal keamanan dalam negeri serta perihal prioritas ekonomi domestik di masa sulit, Argentina justru batal menjadi tuan rumah murni karena ketidakyakinan mereka bahwa prosedur prokes bisa berjalan lancar dengan banyaknya kendala teknis dan infrastruktur.

Kini Kolombia berada di Grup Zona Utara bersama juara bertahan dan sekaligus tuan rumah Brasil, sedangkan lawan terkuat Argentina di Grup Zona Selatan adalah Bolivia. Menariknya, kapten Tim Tango, Lionel Messi, belum-belum sudah trauma karena Argentina satu grup juga dengan Chili.

Prahara dengan Chile memang menghantui Messi sejak enam tahun silam ketika Argentina takluk dari sang lawan pada laga pemuncak Copa America 2015 lewat drama adu tendangan penalti. Saat itu La Pulga alias Si Kutu bahkan menolak untuk mendapatkan gelar pemain terbaik karena kecewa berat dengan kegagalan Argentina.


Belum Sebanding Aib Martin Palermo

"Tanpa bermaksud merendahkan nilai penghargaan tersebut, saya saat itu melihat tidak ada artinya sebuah gelar individual untuk saya ketika negara saya gagal menjadi juara. Semua percuma saja, dan saya tidak menyesali keputusan itu," kata Messi kepada Latino Football.

Menariknya lagi, bintang Chile, Alexis Sanchez, yang terpilih sebagai man of the match di final tidak didaulat untuk menggantikan Messi baik oleh Conmebol mapun oleh panitia. Sanchez menyebut bisa memahami sikap Messi dan sebagai tanda hormat ia pun menyebut tidak bakal bersedia bila diminta menerima status sebagai pemain terbaik dalam turnamen.

Hasilnya, sejarah pun mencatat bahwa Copa America 2015 di Chili tersebut adalah satu-satunya seri turnamen antarnegara se-Amerika Selatan yang tidak memiliki pemain terbaik. Meskipun berdampak telak pada catatan sejarah, banyak pengamat menyebut keanehan ini belum seberapa dibanding saat pilar Argentina lainnya, Martin Palermo, melakukan hattrick kegagalan mencetak gol dari titik penalti ke gawang Kolombia pada Copa Amerika 99. Aib yang sungguh memalukan.

Glamornya WAGs Inggris

Mengintip Gaya Glamor WAGs Inggris Tonton Laga Euro 2020, Cantik nan Seksi!

Bola.net 2021-06-14 16:05:00
Laga perdana Inggris di Euro 2020 melawan Kroasia di Wembley, Minggu (13/6/2021) kemarin rupanya juga menjadi ajang kumpul pasangan para pemain alias WAGs.

Laga perdana Inggris di Euro 2020 melawan Kroasia di Wembley, Minggu (13/6/2021) kemarin rupanya juga menjadi ajang kumpul pasangan para pemain alias WAGs.

Sederet wanita cantik hadir di Wembley, mulai dari istri penjaga gawang Jordan Pickford, Megan Davison, kekasih bek Harry Maguire, Fern Hawkins, serta beberapa bidadari lain.

Bahkan, keluarga mantan pemain Inggris juga ikut datang, termasuk Wayne Rooney yang mengajak serta sang istri, Coleen Rooney dan anak-anaknya.

Dukungan dari para WAGs ini pun ternyata tak sia-sia. Inggris sukses menumbangkan Kroasia dengan skor tipis 1-0 berkat gol yang diciptakan Raheem Sterling.

Seperti apa keseruan para WAGs dalam laga Inggris vs Kroasia ini? Berikut galeri foto selengkapnya.


Cantik-cantik!


Pose hadap belakang


Fern Hawkins dan anaknya lucu banget


Megan Davison cantik!


Coleen Rooney tampil anggun

Sumber: Instagram, AFP

Belajar Empati dari Sepakbola

Belajar Empati dari Sepak Bola di Laga Denmark vs Finlandia

Bola.net 2021-06-13 01:30:00
Wasit Anthony Taylor melihat gelandang Denmark, Christian Eriksen kolaps di atas lapangan dan memutuskan menghentikan permainan secepatnya.

Reaksi wasit Anthony Taylor begitu cepat. Belum sempat semua sadar atas apa yang terjadi, wasit asal Inggris tersebut langsung membunyikan peluit dan memanggil tenaga medis ke lapangan.

Sang wasit melihat gelandang Denmark, Christian Eriksen kolaps di atas lapangan dan memutuskan menghentikan permainan secepatnya.

Bersamaan dengan itu, kapten Denmark, Simon Kjaer berlari cepat, mendekat dan melakukan pertolongan pertama pada Christian Eriksen yang tiba-tiba kolaps. Kjaer memposisikan tubuh Eriksen dengan tepat dan memastikan sang gelandang tidak melipat lidahnya.

Tak berselang lama, tim medis pun tiba. Dengan sigap dan tepat, tim medis melakukan pertolongan yang dibutuhkan. Semua yang terbaik dilakukan untuk memastikan Eriksen tetap sadar.

Itulah sedikit gambaran ketegangan yang terjadi ketika pertandingan Denmark vs Finlandia memasuki menit ke-43. Ketegangan dan ketakutan tampak dari seluruh pemain dan juga suporter yang ada di Parken Stadium, Kopenhagen.

Di tengah ketegangan itu, para pemain Denmark dan Finlandia memberikan pelajaran yang sangat berharga. Berempati.

Ketika tim medis sibuk melakukan pertolongan pertama pada Eriksen, para pemain Denmark langsung berkumpul di sekitar tim medis. Mereka berbaris untuk menutupi aktivitas tim medis. Ada yang menatap ke dalam, ada yang memilih tak melihatnya namun tetap berdoa. Terlihat dari wajah mereka.

Sebuah contoh bagus dari para pemain Denmark. Seakan meminta fans dan semua yang melihat insiden itu untuk berempati dan saling menguatkan. Ikut merasakan apa sedang mereka rasakan, apa yang keluarga pemain rasakan.

Tak hanya pemain Denmark saja. Pemain Finlandia pun terlihat begitu terkejut dengan insiden tersebut. Begitu tim medis datang dan memberikan perawatan, para pemain Finlandia langsung menuju ke sekitar bangku cadangan tim mereka. Pandangan mereka tampak tertuju di kejauhan. Tempat Eriksen mendapatkan perawatan. Beragam reaksi ditunjukkan. Tapi doa terbaik tentu mereka panjatkan.

Ketika para pemain Finlandia berada di pinggir lapangan memberikan doa terbaik untuk Eriksen, dan pemain Denmark berkumpul untuk terus memberikan energi dan kekuatan pada Eriksen. Di kejauhan tampak kapten Denmark, Simon Kjaer dan kiper Kasper Schmeichel menenangkan seorang wanita yang diperkirakan adalah istri Eriksen. Siapa yang kuasa melihat pemandangan itu. Tapi sebagai kapten tim, Kjaer menjalankan tugasnya dengan sangat baik.

Ketika semua yang ada di lapangan bersatu, memanjatkan doa terbaik untuk Eriksen, dan tim medis melakukan tugasnya. Suporter yang ada di tribune melakukan tugas mereka. Memberikan dukungan. Wajah-wajah sedih banyak terlihat di wajah suporter. Namun setelah itu, ketika Eriksen sudah dibawa masuk ke ruang ganti pemain, kedua suporter bersatu dan meneriakkan nama Christian Eriksen bersautan.

This is without a doubt the video of the day. The Finnish fans chanting “Christian” and the Danes chanting “Eriksen.”

This is absolutely brilliant. Beautiful scenes. pic.twitter.com/PtapEaN7Uk

Siapa yang tak merinding mendengar itu. Suporter Finlandia meneriakkan "Christian" dan disahut suporter Denmark dengan "Eriksen" berulang kali.

Betapa sepak bola bisa begitu indah dengan pelajaran akan kehidupan. Bukan hanya soal rivalitas, tapi sisi manusiawinya juga tiada batas. Get well soon, Eriksen. Comeback stronger!

Semua Mendoakan Eriksen

Doa untuk Kesembuhan Christian Eriksen dari Klub-Klub Eropa dan Indonesia

Bola.net 2021-06-13 01:08:00
Klub-klub dari Eropa dan Indonesia ramai-ramai memberikan doa dan dukungan kepada Eriksen.

Sebuah insiden menimpa Christian Eriksen. Playmaker Timnas Denmark itu sempat collaps beberapa waktu yang lalu pada ajang Euro 2020.

Eriksen merupakan salah satu pemain inti Timnas Denmark. Ia dipercaya menjadi starter saat pertandingan pembuka Grup B melawan Finlandia.

Jelang akhir babak pertama, terjadi kejadian yang mengerikan. Eriksen mendadak collaps di pinggir lapangan, dan diduga mengalami serangan jantung.

Kondisi Eriksen yang tidak sadarkan diri itu membuat seisi stadion dan para pecinta sepakbola cemas. Namun setelah mendapatkan perawatan medis sekitar 10 menit, ia dibawa keluar dari lapangan. Menurut update terbaru, ia sudah melewati fase kritis.

Melihat insiden tersebut, dukungan dan doa mengalir untuk sang playmaker. Termasuk dari klub-klub top Eropa dan bahkan klub-klub dari Indonesia.

Simak doa dan harapan klub-klub tersebut di bawah ini.


Inter Milan

Forza Chris, all of our thoughts are with you!

"Forza Chris, seluruh doa dan dukungan kami bersamamu"


Tottenham

Get well soon, Christian. The whole Spurs family is with you. https://t.co/Rmwd4Wq8R6

"Lekas sembuh Christian, Seluruh keluarga Spurs selalu menyertaimu"


Manchester United

Keeping Christian Eriksen in our thoughts and prayers.

"Doa kami untuk Christian Eriksen"


Chelsea

Our thoughts are with Christian Eriksen, his family and his @dbulandshold teammates.

"Doa kami untuk Christian Eriksen, Keluarganya dan juga rekan-rekannya di @dbluandshold "


Liverpool

All our thoughts and prayers are with Christian Eriksen

"Seluruh doa dan pikiran kami untuk Christian Eriksen"


Arsenal

We're thinking of Christian Eriksen, his family and @DBUfodbold tonight.

Wishing you all the best in your recovery, Christian pic.twitter.com/kJzU1lkOYC

"Kami semua mendoakan Christian Eriksen, Keluarga dan juga @DBUfodbold malam ini. Kami mendoakan yang terbaik untuk pemulihanmu, Christian"


Manchester City

Our thoughts and prayers are with Christian Eriksen and his family

"Doa dan pikiran kami untuk Christian Eriksen dan juga keluarganya"


AS Roma

Forza Christian

"Forza Christian"


AC Milan

Forza Christian https://t.co/qCzTCDqRuD

"Forza Christian"


Real Madrid

All our thoughts and support with @ChrisEriksen8.

"Kami mendoakan yang terbaik untuk @ChrisEriksen8"


FC Barcelona

Stay strong, Eriksen

"Tetap Kuat, Eriksen"


Borussia Dortmund

Our thoughts and prayers are with you, Christian Eriksen.

Nothing but love for you, your family, and your teammates

"Doa dan dukungan kami bersamamu, Christian Eriksen. Cinta kami untukmu, keluargamu dan rekan-rekanmu"


PSG

Christian Eriksen is in our thoughts at this moment We pray for him and his family

"Christian Eriksen berada dalam benak kami saat ini. Kami mendoakannya dan juga keluarganya"


Bali United

Tundukkan kepala sejenak mari kirimkan doa terbaik untuk Eriksen


PSM Makassar

Doa terbaik untuk gelandang Timnas Denmark, Christian Eriksen!#EURO2020


Borneo FC

Stay Strong Christian Eriksen #den @ChrisEriksen8 pic.twitter.com/vbVhVOkp7Q

Simon Kjaer, The Real Captain

Foto: Momen Mengharukan Saat Simon Kjaer Tenangkan Istri Christian Eriksen

Bola.net 2021-06-13 09:49:00
Kapten Denmark, Simon Kjaer menjadi sosok krusial dalam insiden kolapsnya sang rekan setim, Christian Eriksen dalam laga Grup B Euro 2020 kontra Finlandia, Sabtu (12/6/2021) dini hari WIB.

Kapten Denmark, Simon Kjaer menjadi sosok krusial dalam insiden kolapsnya sang rekan setim, Christian Eriksen dalam laga Grup B Euro 2020 melawan Finlandia, Sabtu (12/6/2021) dini hari WIB.

Sebelumnya, partai yang digelar pada Sabtu (12/6/2021) pukul 23:00 WIB tersebut terpaksa dihentikan di akhir babak pertama karena Eriksen tiba-tiba kolaps di tengah lapangan.

Eriksen pun langsung dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan intensif. Syukurlah, playmaker Inter Milan itu dikabarkan dalam kondisi yang stabil.


Peran Krusial Simon Kjaer

Segera setelah mengetahui bahwa Eriksen kolaps, Kjaer pun langsung menghampiri rekannya tersebut dan memastikan bahwa sang gelandang tak menelan lidahnya dan berada di posisi yang tepat.

Sekadar diketahui, tindakan yang dilakukan Kjaer tersebut merupakan cara yang tepat ketika memberikan pertolongan pertama terhadap orang yang kehilangan kesadaran secara tiba-tiba.

Tak berhenti sampai di situ, sikap pahlawan Kjaer juga tercermin ketika bek AC Milan itu menghampiri istri Eriksen, Sabrina Kvist Jensen yang tampak cemas menanti kondisi sang suami di lapangan. Kjaer pun kemudian mencoba menenangkan Sabrina.

Kabar terakhir menyebut bahwa Eriksen sudah berada dalam kondisi stabil, dan hingga berita ini ditulis, laga Denmark vs Finlandia sudah kembali dilanjutkan.

Kalvin Phillips, Si Yorkshire Pirlo

Kalvin Phillips, Bintang Timnas Inggris di Euro 2020 Berjuluk Yorkshire Pirlo

Bola.net 2021-06-14 08:13:00
Mendapat julukan Yorkshire Pirlo, Kalvin Phillips menjadi bintang Inggris di Euro 2020 atau Euro 2021

Raheem Sterling mencetal gol yang membawa Inggris menang atas Kroasia di laga perdana Grup D Euro 2020. Namun, perhatian fans timnas Inggris tertuju pada sosok gelandang Kalvin Phillips.

Inggris menang dengan skor 1-0 saat berjumpa Kroasia di Stadion Wembley, Minggu (13/6/2021) malam WIB. Gol kemenangan Inggris dicetak Raheem Sterling pada menit ke-57.

Pemain asal klub Manchester City itu menerima umpan ciamik dari Kalvin Phillips. Umpan manis itu kemudian membuat nama Phillips mendapat banyak pujian. Bahkan, tidak sedikit yang menilai dia layak menjadi Man of the Match duel Inggris vs Kroasia.

Lantas, siapa sih Phillips? Simak ulasannya di bawah ini ya Bolaneters.


Dijuluki Yorkshire Pirlo

Masuknya Kalvin Phillips dalam skuad Inggris di Euro 2020 sejatinya cukup mengejutkan. Sebab, dia termasuk pemain yang minim pengalaman. Namanya tidak cukup populer dibanding James Ward-Prowse atau Ross Barkley.

Namun, performa apik Phillips membuat fans Inggris menyadari betapa besarnya potensi gelandang 25 tahun itu.

Phillips bermain sangat bagus di lini tengah Inggris. Phillips punya akurasi umpan mencapai 95 persen. Phillips menjadi pemain yang paling sering menang dalam pemulihan penguasaan bola yakni tujuh kali.

Phillips nampak sangat jeli dalam mengkreasi peluang peluang. Akurasi umpan terobosan pemain Leeds United itu mencapai 100 persen. Begitu juga dengan umpan jauhnya. Fans timnas Inggris pun memberi julukan Yorkshire Pirlo untuk Phillips.

Call him Yorkshire Pirlo. pic.twitter.com/lvSrzstMWy


Berkat Sentuhan Bielsa

Permainan apik Phillips tentu saja tidak terjadi begitu saja. Ada proses panjang yang dilalui sebelum Phillips 'dipanen' Gareth Southgate bersama timnas Inggris di Euro 2020.

Phillips tidak pernah membela timnas Inggris pada level usia. Dia bukan pemain yang punya bekal mentereng di level junior layaknya Mason Mount atau Declan Rice.

Phillips awalnya adalah seorang gelandang serang. Pada musim 2017/2018, ketika Leeds masih bermain di Championship, dia tampil bagus dengan mencetak tujuh gol.

Kalvin Phillips was the only player on the pitch not to misplace a pass in the first half vs. Croatia:

18 attempted
18 completed

Mr 100%. #ENG pic.twitter.com/cehFYXp6sh

Musim berikutnya, Marcelo Bielsa datang dan mengubah segalanya. Di tangan Bielsa, Phillips diubah jadi gelandang bertahan. Performa Phillips sempat angin-anginan. Tapi, pilihan Bielsa untuk Phillips kini terbukti jitu.

Phillips menjadi aktor penting di balik sukses Leeds promosi dan bertahan di Premier League.


Energi yang Besar

Masa lalu sebagai gelandang serang membuat Phillips menjadi pemain yang lengkap di lini tengah. Phillips bukan hanya pandai merebut bola, dan melepas umpan, tapi juga melakukan drible. Phillips punya kombinasi skill yang lengkap.

Kalvin Phillips completed more take-ons than any other #ENG player on the pitch vs. #CRO (2).

Same energy... pic.twitter.com/Vwe9LLSNjc

"Phillips di lini tengah, dia membawa energi. Southgate berani mengubah lini tengah dan memainkan Rice sedikit lebih dalam, dengan Phillips di kanan dan Mount di kiri," kata Frank Lampard pada BBC Sport.


Penjelasan Southgate

Southgate senang karena Phillips punya karakter yang bagus. Dia pun mengucapkan terima kasih pada Marcelo Bielsa yang mencetak Phillips menjadi pemain hebat seperti saat ini.

"Kalvin Phillips adalah pemain yang sangat bersahaja. Dia memiliki awal yang fantastis untuk karir internasionalnya. Saya pikir dia luar biasa sepanjang laga, layaknya pemain lain."

Great way to kick off the tournament Some team! Thank you everyone for the support #euro2020 pic.twitter.com/8FWknlU9hd

"Bekerja dengan Marcelo Bielsa dan menjalani musim yang membuatnya percaya diri, tetapi semua atribut ada di sana. Performa top dan rendah hati. Kami sangat menyukainya," kata Southgate.


Respon Phillips

Kalvin Phillips mendapat banyak pujian atas performanya di laga melawan Kroasia. Perannya dinilai sangat vital. Fans Leeds United tidak salah memberinya julukan Yorkshire Pirlo. Tapi, dia tetap tenang.

"Ini adalah perasaan yang luar biasa untuk membuat assist dan perasaan yang luar biasa untuk tiga poin. Saya tenang. Saya adalah orang yang tidak peduli apa pun yang dilemparkan kepada saya," kata Phillips.

"Saya hanya mencoba dan menerimanya dengan tenang," tegas pemain memulai karir profesional di Leeds United itu.


Satu Foto Setuja Makna

https://t.co/g0SY5aVPs9

Sumber: BBC Sport, Squawka

 

Sentuhan Kartu Rp30 M Michael Jordan

Bola.net 2021-06-17 19:39:00
Semua yang disentuh Michael Jordan di pentas NBA berubah menjadi emas layaknya legenda Sentuhan Midas. Tak percaya?

Semua yang disentuh Michael Jordan di pentas NBA berubah menjadi emas layaknya legenda “Sentuhan Midas”. Bedanya bila kisah Midas berujung tragis, kini kisah keberuntungan MJ belum berhenti meski ia telah pensiun dari dunia basket NBA 18 tahun silam. Pada 22 Mei 2021, contohnya, memorabilia Jordan masih laku sangat mahal yaitu senilai 2,1 juta dolar AS alias setara 29,9 miliar rupiah!

Barang yang dimaksud adalah segepok kartu koleksi Michael Jordan, yang menurut Bleacher Report diproduksi Upper Deck jelang musim NBA 1997/98. Nilai kartu itu menjadi sangat mahal dalam lelang daring yang digelar Goldin Auctions lantaran dibubuhi tanda tangan sang bintang yang kini berusia 58 tahun tersebut dan konon hanya dibuat sebanyak 23 buah saja di seluruh dunia.

Barang ini sontak memecahkan rekor pribadi MJ dalam konteks barang-barang mahal yang diasosiasikan dengan dirinya.

Banyak pengamat NBA menyebut nilai koleksi kartu itu juga terdongkrak lantaran mengandung beberapa gambar saat Jordan menggunakan seragam tim Eastern Conference dalam All-Star Game 1992 yang disebut-sebut sebagai gelaran All-Star terbaik sepanjang masa.

Dalam duel eksibisi antar wilayah tersebut Jordan mencetak 18 poin dalam total penampilan 31 menit, tapi tim wilayah barat yang justru menang dengan skor 153-113 karena penampilan cemerlang Magic Johnson ---yang akhirnya terpilih sebagai MVP.

Namun, bukan kurang bersyukur ketika pihak Goldin Auctions sendiri menyebut angka penjualan koleksi MJ itu sendiri agak di bawah harapan mereka ---yang nilainya di kisaran 2,5 juta dolar AS.

Apakah prediksi itu berlebihan? Tidak, karena kartu koleksi seri rookie year LeBron James sebulan sebelumnya laku hingga 5,2 juta dolar (Rp74,2 M). Luar biasa!

Portugal Menang, Ronaldo Pesta Rekor

Portugal Menang, Ronaldo Pesta Rekor!

Bola.net 2021-06-16 01:12:00
Portugal memetik kemenangan penting atas Hungaria dalam duel matchday 1 Grup F Euro 2020, Rabu (16/6/2021) dini hari WIB. Selecao menang dengan skor telak 3-0.

Portugal memetik kemenangan penting atas Hungaria dalam duel matchday 1 Grup F Euro 2020, Rabu (16/6/2021) dini hari WIB. Selecao menang dengan skor telak 3-0.

Laga sempat berjalan alot bagi Portugal, Hungaria menunjukkan perlawanan luar biasa. Ketiga gol Portugal baru tercipta di 10 menit akhir, dibuka oleh Raphael Guerreiro di menit ke-84.

Setelahnya, Cristiano Ronaldo unjuk gigi dengan dua gol penutup. Gol pertamanya datang dari titik putih di menit ke-87, lalu ditutup dengan gol kedua di menit ke-90+2.

Dua gol ini, plus kemenangan Portugal, menelurkan sejumlah rekor untuk Ronaldo. Apa saja?


Rekor penampilan 5 Euro

5 - Cristiano Ronaldo today becomes the first player in European Championships history to appear at five different tournaments (2004, 2008, 2012, 2016 and 2020). Legend. pic.twitter.com/iPWxl0T7sB

Dengan turun di laga kontra Hungaria tadi, Ronaldo memecahkan rekor penampilan terbanyak di Euro. Dia jadi pemain pertama yang bisa bermain di 5 edisi putaran final Euro (2004, 2008, 2012, 2016 and 2020).

Catatan ini terbilang istimewa. Masih teringat jelas bagaimana penampilan pertama Ronaldo di Euro, ketika Portugal kalah dari Yunani di laga final.

Butuh tiga kesempatan bagi Ronaldo untuk akhirnya membawa Portugal menjuarai Euro 2016 silam.


Rekor caps

39 - Today is Cristiano Ronaldo's 39th appearance at a major tournament (European Championships World Cup) for Portugal, an all-time record for a European player, overtaking Bastian Schweinsteiger's 38 appearances for Germany. Longevity. pic.twitter.com/MknlZrasBo

Tidak hanya itu, Opta juga mencatat bahwa Ronaldo telah memecahkan rekor pemain dengan jumlah caps terbanyak untuk timnas di dua ajang mayor: Piala Dunia dan kompetisi Eropa.

Ronaldo sudah menempuh total 39 penampilan, melampaui catatan yang sebellumnya dipegang Bastisn Schweinsteiger dengan 38 penampilan.


Top scorer Euro

Dua gol Ronaldo untuk kemenangan Portugal kali ini juga menambah koleksinya jadi total 10 gol dalam kompetisi Euro. Ini juga jadi rekor baru.

10 Cristiano Ronaldo has become the first player in European Championship Finals history to score 10 goals in the competition, overtaking Michel Platinis record of nine, all of which he scored in the 1984 edition. History. #EURO2020 pic.twitter.com/j89tNODaTv

Menurut Opta, Ronaldo jadi pemain pertama yang bisa mencetak 10 gol dalam sejarah putaran final kompetisi Eropa (Euro dan nama sebelumnya).

Ronaldo melampaui catatan Michel Platini yang sebelumnya memimpin dengan 9 gol dan total 10 gol itu masih sangat mungkin bertambah di sisa kompetisi kali ini.

Sumber: Opta

Ketika David Marshall Dipermalukan Patrik Schic

Detik-Detik Kiper Skotlandia, David Marshall jadi Korban Gol Indah Patrik Schick

Bola.net 2021-06-15 14:34:00
Kiper Timnas Skotlandia, David Marshall bisa jadi merupakan kiper paling sial di pentas Euro 2020 (Euro 2021) ini. Maklum, gawangnya dibobol oleh striker Timnas Republik Ceko, Patrik Schick dari tengah lapangan, Senin (14/6/2021).

Kiper Skotlandia, David Marshall bisa jadi merupakan kiper paling sial di pentas Euro 2020 ini. Maklum, gawangnya dibobol oleh striker Republik Ceko, Patrik Schick dari tengah lapangan, Senin (14/6/2021).

Mendapat bola di tengah lapangan, Schick memutuskan untuk langsung melepas tembakan jarak jauh. Secara luar biasa, si kulit bundar tak mampu dijangkau kiper David Marshall yang sudah telanjur maju meninggalkan sarangnya.

Lesatan dari tengah lapangan Schick pun akhirnya sukses menggetarkan jala gawang Marshall, sedangkan sang kiper juga berlari kencang sampai dihentikan jala gawangnya sendiri.

Percobaan Marshall untuk menghentikan tembakan jarak jauh tak terduga yang dilepas Schick pun sukses diabadikan kamera fotografer. Simak galeri foto selengkapnya di bawah ini.


Momen Marshall mulai mendekati gawangnya.


Marshall pun mulai melompat untuk menjangkau bola.


Detik-detik Marshall kehilangan harapan bisa menjangkau bola.


Bola pun tak terjangkau dan masuk ke gawang menjadi gol.


Momen ketika tubuh Marshall mulai melewati garis gawang.


Momen ketika badan Marshall mulai dihentikan jala gawang.


Wajah Marshall terlihat cuma bisa pasrah.


Marshall pun mulai tak kuasa menahan beban badannya diadang jala gawang.


Wajah malang Marshall pun hanya bisa melihat bola masuk menjadi gol.


Akhirnya, Marshall terperangkap jala gawangnya sendiri.


Schick merayakan golnya dengan berlari sambil berteriak.


Selebrasi skuad Republik Ceko di pinggir lapangan.

Sumber: AP Photo

Para Pencetak Rekor di Awal Euro 2020

Termasuk Donnarumma, Ini Deretan Para Pemain yang Cetak Rekor di Awal Euro 2020

Bola.net 2021-06-15 05:15:00
Gelaran Euro 2020 alias Euro 2021 baru saja dimulai. Ajang yang dihelat di sebelas kota di sebelas negara ini bahkan belum menuntaskan match day pertama.

Gelaran Euro 2020 baru saja dimulai. Ajang yang dihelat di sebelas kota di sebelas negara ini bahkan belum menuntaskan match day pertama untuk semua grup.

Sejauh ini, baru ada sembilan laga yang sudah dihelat di ajang turnamen sepak bola paling akbar di Benua Eropa. Bahkan, ada satu grup, Grup F, yang sama sekali belum menggelar pertandingan.

Namun, kendati baru dimulai, ajang ini berlangsung sangat sengit. Bahkan, ada sejumlah rekor yang tercipta dalam sembilan laga yang sudah digelar di Euro 2020.

Siapa saja pemain yang memecahkan rekor pada awal gelaran Euro 2020? Simak artikel selengkapnya di bawah ini.


1. Merih Demiral

Merih Demiral mencetak gol bunuh diri pada laga pembuka gelaran Euro 2020, kontra Italia. Ia membobol gawangnya sendiri setelah bola memental dari dadanya setelah berusaha mengontrol bola umpan silang Domenico Berardi.

Gol Demiral ini merupkaan gol bunuh diri pertama yang menjadi gol pembuka gelaran turnamen Piala Eropa. Sementara, kemenangan 3-0 Italia pada laga ini merupakan kemenangan dengan selisih terbesar pada laga pembuka putaran final Piala Eropa.


2. Gianluigi Donnarumma

Gianluigi Donnarumma menjadi penjaga gawang termuda yang bermain bagi Italia di turnamen besar (Piala Eropa dan Piala Dunia). Ia bermain pada laga kontra Turki, saat berusia 22 tahun dan 106 hari. Pemegang rekor sebelumnya adalah Giorgio Ghezzi, yang bermain di usia 23 tahun 342 hari.


3. Yuri Zhirkov

Zhirkov menjadi pemain Rusia -juga Uni Soviet- tertua yang bermain di ajang Piala Eropa. Ia bermain pada usia 37 tahun 296 hari, melewati catatan Sergey Ignashevich, yang bermain di Euro 2016 kala berusia 36 tahun dan 342 hari.


4. Jude Bellingham

Bellingham masuk sebagai pemain pengganti bagi Timnas Inggris pada laga kontra Kroasia. Ini menjadikannya sebagai pemain termuda yang tampil di putaran final Piala Eropa. Bellingham, yang berusia 17 tahun dan 349 hari, memecahkan rekor yang selama ini dipegang pemain Belanda, Jetro Willems, yang bermain di Euro 2012 pada usia 18 tahun dan 71 hari.

Selain itu, Bellingham juga menjadi pemain termuda yang memperkuat Timnas Inggris di dua turnamen akbar, Piala Eropa dan Piala Dunia.


5. Goran Pandev

Goran Pandev mencetak gol bagi Makedonia Utara kala menghadapi Austria. Gol ini memang tak membuatnya menjadi pencetak gol tertua di ajang Piala Eropa. Ia masih kalah tua dibanding pemegang rekor pencetak gol tertua di Piala Eropa, Ivica Vastic, yang mencetak gol pada usia 38 tahun dan 257 hari.

Namun, gol yang dicetaknya kala berusia 37 tahun dan 321 hari ini mencatatkan nama Pandev sebagai pencetak gol tertua dari situasi open play. Pasalnya, gol Vastic pada Euro 2008 lalu dicetaknya melalui eksekusi penalti.


6. Michael Gregoritsch

Gol Michael Gregoritsch pada laga kontra Makedonia menjadikannya masuk ke dalam daftar para pencetak gol yang menjdi milestone di sepanjang sejarang Piala Eropa. Gol gelandang berusia 27 tahun tersebut merupakan gol ke-700 sepanjang sejarah putaran final Piala Eropa.


7. Maarten Stekelenburg

Stekelenburg menjadi pemain tertua yang bermain bagi Timnas Belanda di turnamen besar, Piala Dunia dan Piala Eropa. Ketika tampil menghadapi Ukraina, kiper Ajax Amsterdam ini berusia 38 tahun dan 264 hari.

Secara keseluruhan, Stekelenburg berada di peringkat kelima dalam daftar pemain tertua yang bermain di putaran final Piala Eropa. Namun, ia berpeluang menggeser Peter Shilton yang berada di peringkat keempat. Shilton sendiri bermain di putaran final Piala Eropa kala berusia 38 tahun dan 271 hari.

(Dendy Gandakusumah/Bola.net)

Enrique Anti-Real Madrid, Mitos atau Fakta?

10 'Anak Emas' Luis Enrique di Timnas Spanyol: Anti-Real Madrid, Mitos atau Fakta?

Bola.net 2021-06-14 12:45:00
Luis Enrique tidak membawa satu pun pemain Real Madrid di Euro 2020 atau Euro 2021

Keputusan Luis Enrique tidak membawa satu pun pemain Real Madrid ke Euro 2020 menuai pro dan kontra. Latar belakang pria 51 tahun sebagai pelatih Barcelona dituding sebagai penyebabnya.

Enrique dituding anti-Real Madrid dengan keputusannya di Euro 2020. Apalagi, Enrique membawa Eric Garcia, pemain baru Barcelona dan jebolan La Masia, yang absen pada sebagian besar musim 2020/2021.

Enrique menjadi pelatih timnas Spanyol pada dua kesempatan. Pada kesempatan pertama, dia hanya memainkan enam laga dan memakai 32 pemain berbeda. Pada kesempatan kedua, Enrique memainkan 12 laga dan memakai 40 pemain berbeda.

Benarkah Enrique anti-Real Madrid dan menganakemaskan pemain Barcelona? Yuk simak daftar 10 pemain paling sering dimainkan Enrique bersama timnas Spanyol di bawah ini ya Bolaneters.


Eric Garcia

Eric Garcia berada di urutan ke-10 pemain paling sering dimainkan Luis Enrique di timnas Spanyol. Selama ini, Garcia belum mampu menembus tim ini Man City. Namun, dia bersaing untuk tempat utama.

Pada musim 2020/2021, Garcia mengalami banyak momen sulit dan jarang bermain. Garcia adalah jebolan La Masia dan akan bergabung Barcelona pada musim 2021/2022.

Caps bersama timnas Spanyol era Luis Enrique: 8


Rodrigo

Rodrigo tidak masuk skuad timnas Spanyol untuk Euro 2020. Sebab, dia mengalami musim yang sulit bersama Leeds United. Rodrigo mengalami banyak cedera dan sering absen. Rodrigo juga tidak selalu jadi pilihan utama di Leeds.

Ketika masih membela Valencia, Rodrigo bermain reguler. Rodrigo pun jadi salah satu pemain yang diandalkan Enrique untuk mengisi satu tempat di lini depan.

Caps bersama timnas Spanyol era Luis Enrique: 9


David de Gea

David de Gea sejak lama menjadi pilihan utama di bawah mistar timnas Spanyol. Namun, dia sempat kehilangan tempatnya usai Piala Dunia 2018. Hanya saja, itu untuk sementara. De Gea tetap jadi andalan walau mendapat banyak kritik.

"Itu adalah beban yang harus dia pikul, setiap kali dia membuat sedikit kesalahan, itu ada di semua acara TV," kata Luis Enrique beberapa waktu lalu.

Caps bersama timnas Spanyol era Luis Enrique: 9


Dani Olmo

Dani Olmo bermain untuk RB Leipzig sejak Januari 2019 lalu. Sejak saat ini, namanya melambung. Pada musim 2020/2021, Dani Olmo mencetak lima gol dan sembilan assist di Bundesliga.

Walau namanya melejit bersama Dinamo Zagreb, Dani Olmo adalah pemain jebolan La Masia.

Caps bersama timnas Spanyol era Luis Enrique: 10


Jose Gaya

Bukan Jordi Alba, pilihan utama Enrique di posisi bek kiri adalah Jose Gaya. Gaya bermainnya mirip dengan Alba. Namun, pemain 26 tahun ini lebih kuat ketika harus membantu pertahanan.

Jose Gaya bisa memainkan banyak peran di sisi kiri. Bukan hanya sebagai bek kiri, tapi juga wingback kiri ketika Enrique bermain dengan tiga bek tengah sejajar.

Caps bersama timnas Spanyol era Luis Enrique: 10


Alvaro Morata

Morata tidak punya catatan gol yang mentereng bersama timnas Spanyol. Namun, dia hampir selalu jadi andalan Enrique di timnas Spanyol. Dari 11 laga yang dimainkan, Morata mencetak dua gol saja.

Morata adalah pemain jebolan akademi Real Madrid, La Fabrica. Saat ini, Morata bermain untuk Juventus.

Caps bersama timnas Spanyol era Luis Enrique: 11


Ferran Torres

Torres mencetak tujuh gol bersama Man City di Premier League musim 2020/2021. Catatan ini dinilai cukup bagus untuk pemain berusia 21 tahun. Sebab, ini adalah musim debutnya di Premier League.

Nama Torres sudah jadi menonjol sejak di Valencia. Walau belum punya catatan gol mumpuni di level klub, Torres tampil bagus bersama timnas Spanyol dengan enam golnya.

Caps bersama timnas Spanyol era Luis Enrique: 11


Sergio Busquets

Busquets menjadi pemain yang sangat penting dalam skema bermain Enrique. Situasi ini bukan hanya terjadi di timnas Spanyol, tetapi juga ketika Enrique melatih Barcelona B dan Barcelona.

Busquets adalah pemain yang hampir tak tergantikan ketika Enrique melatih Barcelona. Jumlah laga yang dia mainkan hanya kalah dari Lionel Messi dan Ivan Raktic.

Caps bersama timnas Spanyol era Luis Enrique: 11


Rodri

Bukan sesuatu yang mengejutkan melihat nama Rodri masuk dalam skuad Spanyol di Euro 2020. Sebab, dia tampil sangat bagus di Man City pada musim 2020/2021 dan meraih gelar juara Premier League.

Sejak Enrique menjadi pelatih timnas Spanyol, mantan pemain Atletico Madrid ini menjadi andalan. Duetnya bersama Sergio Busquets menjadi pilar lini tengah La Roja di bawah Enrique.

Caps bersama timnas Spanyol era Luis Enrique: 12


Sergio Ramos

Luis Enrique anti-Real Madrid?

Tunggu dulu. Sebab, ada nama Sergio Ramos sebagai pemain yang paling sering dimainkan Enrique bersama timnas Spanyol. Ramos -bersama Ferran Torre- menjadi top skor Spanyol era Enrique dengan enam gol.

Enrique tidak membawa Ramos ke Euro 2020 karena kondisi yang tidak bugar.

Caps bersama timnas Spanyol era Luis Enrique: 15

Ketika Fans Barca Menggerutu

Barcelona Rilis Jersey Baru, Reaksi Netizen: Cara Baru Buat Fans Malu!

Bola.net 2021-06-16 02:15:00
Barcelona baru saja merilis jersey kandang untuk musim 2021/22 mendatang. Sayangnya, rilis jersey kali ini mendapatkan reaksi negatif dari fans.

Barcelona baru saja merilis jersey kandang untuk musim 2021/22 mendatang. Sayangnya, rilis jersey kali ini mendapatkan reaksi negatif dari fans.

Seperti biasa, jersey kandang Lionel Messi dkk. tidak lepas dari warna biru-merah yang jadi ciri khas mereka. Namun, entah mengapa desain jersey kandang Blaugrana kali ini mendapatkan respons negatif.

Fans merasa desain kali ini sangat buruk. Sebenarnya atasan Barca cukup oke dengan beberapa strip berukuran berbeda, tapi fans tampak kesal dengan warna celana yang terbelah biru-merah.

The new Barça kit for the 2021/22 season! 😍

Terlebih, kaus kaki Barca kali ini juga menggunakan garis-garis horisontal. Desain ini membuat kostum tampak sangat ramai dan penuh, jauh dari kesan elegan.

Lalu bagaimana reaksi fans Barca di media sosial? Scroll ke bawah yuk, Bolaneters!


Cara baru buat fans malu!

finding new ways to embarrass the fans..


Maaf, cinta Barca sih, tapi kok gini

Im sorry to say that because I love barcelona but this jersey is fucking disgusting who is the designer of that thing bro you had one job please do it correctly


Jadi kayak badut

The shorts make it look like a fucking clown suit wtf


Delete club deh

Delete club. Wtf is this pic.twitter.com/zovdsvdP4g


Sekarang bisa kelihatan keren saat main buruk di UCL

Now u can look good while bottling in the UCL


Paling buruk!

The ugliest kit Ive ever seen in my life


Masa bayar utang caranya gini

This is not the way to pay our debts....


Pecat tim desain!

Hands down the worst kit Ive seen. Bara should fire whoever approved this, and Nike should fire whoever designed it.


Tolong ya Tuhan

From this outfit about this season , I can say :

GOD HELP US


Putus kontrak deh!

@JoanLaportaFCB please please please next season cancel the contract with @nikefootball. @FCBarcelona this is more than shit @nikefootball please respect us, what is this archaic shit , @pumafootball , please bring us something better


Bakal menang kompetisi jersey terburuk

Let's see:

Mess up the stripes pattern
Use a dull variant of blaugrana colors
Unnecessary emphasis on Nike logo
Different colors for each side for the shorts

You could organize a competition to design the worst Barca kit ever nobody would have come close to this.


Siapa yang bilang bagus?

I would like to have a conversation with someone who genuinely thinks this garbage kit looks nice

Sumber: Twitter