Kisah Perceraian Messi dan Barcelona

Kronologi Batalnya Kontrak Baru Messi

Kronologi Kegagalan Kontrak Baru Lionel Messi: Sunat Gaji, Intervensi La Liga, dan Pindah ke PSG?

Bola.net 2021-08-06 06:17:00
Barcelona resmi mengumumkan bahwa Lionel Messi tidak jadi memperpanjang kontraknya di Catalunya.

Sebuah pengumuman mengejutkan disampaikan Barcelona. Klub asal Spanyol itu resmi mengumumkan bahwa Lionel Messi tidak jadi memperpanjang kontraknya di Catalunya.

Bisa dikatakan Messi adalah sosok terpenting di tim Barcelona dalam satu dekade terakhir. Ia sudah mencetak banyak sekali gol dan assist bagi tim berjuluk El Blaugrana itu dan mempersembahkan banyak trofi juara.

Pemain asal Argentina itu dilaporkan akan memperpanjang kontraknya bersama Barcelona. Ia dilaporkan akan meneken kontrak berdurasi lima tahun di Camp Nou pada hari Kamis (6/8) kemarin.

Namun secara mengejutkan Barcelona mengumumkan bahwa rencana mereka itu gagal. Messi tidak bisa memperpanjang kontraknya dan kini ia berstatus free agent.

Bagaimana bisa kejadian itu terjadi? Simak kronologi selengkapnya di bawah ini.


Konflik Messi - Bartomeu

Kronologi kegagalan kontrak Lionel Messi di Barcelona diawali dari perseteruannya dengan mantan Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu di tahun 2020 silam.

Pada musim panas tahun itu, beberapa hari sebelum bursa transfer ditutup Messi membuat pernyataan mengejutkan. Ia mengatakan bahwa ia ingin pergi dari Barcelona.

Messi kabarnya sudah mengungkapkan keinginannya untuk cabut dari Barcelona sejak satu tahun sebelumnya. Ia dikatakan tidak puas dengan bagaimana perencanaan yang dibuat Bartomeu dengan skuat Barcelona saat itu.

Messi juga mengonfirmasi bahwa ia sudah memberitahu Bartomeu bahwa ia ingin pergi di musim panas 2020 sejak jauh-jauh hari. Pada awalnya sang Presiden bersedia mengijinkan namun ia kemudian memutuskan menolak menjual Messi.

Meski sudah dikaitkan dengan sejumlah klub di sana-sini, namun saat bursa transfer ditutup Messi tetap bertahan di Barcelona dengan kontrak berdurasi kurang dari satu tahun.


Akhir Bartomeu - Kedatangan Laporta

Berkat pernyataan kontroversial Messi itu, para pendukung Barcelona murka. Mereka mengajukan mosi tidak percaya kepada sang Presiden dan menuntutnya untuk mundur.

Tidak lama berselang, tepatnya pada tanggal 20 Oktober 2020, Laporta resmi mengundurkan diri. Ia mengundurkan diri secara terbuka setelah mendapatkan banyak hujatan.

Barcelona baru bisa menggelar pemilu di bulan Maret 2021 kemarin. Jadwal ini terlambat dari rancangan awal karena pandemi COVID-19.

Dalam pemilu tersebut, Joan Laporta kembali terpilih menjadi Presiden Barcelona mengalahkan Victor Font dan Antoni Freixa.


Janji Laporta

Setelah terpilih menjadi Presiden Barcelona, Laporta membeberkan beberapa agenda yang ingin ia kerjakan. Salah satunya adalah memperpanjang kontrak Lionel Messi.

"Tentu kami akan mencoba meyakinkan dia untuk bertahan di sini, sebab dia adalah pemain terbaik sepanjang sejarah. Maaf Leo, tapi saya mencintai Anda dan Barcelona pun mencintai Anda. Jika stadion ini penuh, Anda pasti tidak mau pergi," bunyi komentar Laporta yang dirilis pada 18 Maret silam.

Namun dalam prakteknya Laporta tidak langsung menggelar negosiasi kontrak baru dengan Messi dan agennya. Marca melansir bahwa Laporta harus memeriksa terlebih dahulu keuangan Barcelona yang kabarnya cukup kacau balau.

Benar saja, di akhir Mei 2021 keuangan Barcelona ternyata sedang kolaps. Barcelona bahkan harus meminjam uang sebesar 500 juta Euro untuk membayar tunggakan gaji kepada beberapa pemain mereka.


Pamit Duluan dan Habis Kontrak

Meski kontraknya akan habis per tanggal 31 Juni 2021, Messi masih tetap membela Barcelona. Namun ia memutuskan mengakhiri musim 2020/21 dengan lebih cepat.

Messi tidak bermain di pertandingan terakhir Barcelona kontra Eibar. Ia memilih berlibur duluan karena harus mempersiapkan diri bersama Timnas Argentina di ajang Copa America 2021.

Pada saat itu muncul kekhawatiran terkait kontrak Messi. Namun Laporta pada saat itu mengatakan bahwa ia optimistis sang pemain akan bertahan.

"Sejauh ini proses pembicaraan kami dengan para agen Leo Messi berjalan dengan lancar. Kami berharap bahwa proses pembicaraan ini bisa berlanjut ke arah yang semakin positif," ujar Laporta kepada Barca Times, 1 Juni 2021 yang lalu.

Alhasil sejak pertengahan Juni, Messi pergi ke Brasil bersama Timnas Argentina untuk bermain di Copa America 2021. Karena negosiasi kontraknya dengan Barca belum selesai, per tanggal 1 Juli 2021 Messi dinyatakan resmi berstatus sebagai free agent.


Sinyal Bahaya Barcelona

Ketika Messi resmi dinyatakan sebagai free agent pada tanggal 1 Juli, Joan Laporta mengeluarkan pernyataan resmi. Ia menyebut bahwa ada sedikit kendala yang membuat negosiasi kontrak barunya sedikit terhambat.

"Kami ingin Lionel Messi bertahan dan Leo juga ingin bertahan di Barcelona. Semuanya berjalan sesuai rencana. Kami memiliki masalah dengan aturan Financial Fair Play. Kami sedang mencari solusi terbaik untuk kedua pihak," ujar Laporta kepada El Transistor.

Menurut kabar yang beredar pada saat itu, Messi memang masih fokus di Copa America 2021. Jadi proses negosiasi kontraknya memang agak tersendat.


Keuangan Memburuk dan Pengorbanan Messi

Seperti yang kami tuliskan sebelumnya, keuangan Barcelona memang sedang terpuruk. Alhasil nyaris mustahil untuk memperpanjang kontrak Messi yang nominalnya mencapai 75 juta Euro per musim.

Beberapa cara coba dilakukan Barcelona. Yang pertama adalah mereka berencana untuk memangkas gaji seluruh pemain Barcelona di musim depan, tidak tanggung-tanggung mereka mau menyunat gaji seluruh pemain Barca sebesar 40% agar Messi bisa bertahan.

Tidak hanya itu, Barca mencoba untuk menjual beberapa pemain mereka yang dianggap jadi beban keuangan seperti Antoine Griezmann, Philippe Coutinho dan lain-lain. Namun sayang mereka hanya mampu menjual Junior Firpo di musim panas ini.

Sadar bahwa situasinya tidak memungkinkan, Barcelona kemudian menggelar negosaisi dengan Messi. Messi sadar bahwa situasi keuangan Barca memang sedang tidak bagus, sehingga ia memutuskan rela gajinya dipotong 50% agar bisa bertahan di Barcelona. Namun kompensasinya, Messi akan menerima kontrak berdurasi lima tahun di Barcelona.


Harusnya Diumumkan Hari Ini

Menurut laporan yang beredar, kontrak Messi bersama Barcelona itu sudah fixed. Messi bahkan dilaporkan sudah berada di Barcelona didampingi sang agen, Jorge Messi untuk menandatangani kontrak baru.

Barcelona berencana mengumumkan kontrak baru Messi pada hari Kamis (5/8) malam waktu setempat sebelum digelarnya Joan Gamper Trophy.

Namun pada siang hari waktu setempat sudah beredar desas-desus mengenai kegagalan kontrak baru Messi ini. Benar saja, beberapa jam setelahnya Barca resmi mengumumkan bahwa Messi tidak jadi memperpanjang kontrak.

"Mengingat situasinya, Lionel Messi takkan lanjut bersama Barcelona. Kedua belah pihak sangat menyayangkan bahwa keinginan pemain dengan klub tidak dapat dipenuhi," begitu bunyi pernyataan klub.

Menurut laporan Marca, kegagalan perpanjangan kontrak Messi ini disebabkan oleh intervensi La Liga. Otoritas Liga Spanyol itu menolak permintaan Barcelona mendaftarkan Messi karena meski gajinya sudah disunat 50%, jumlah itu masih melebihi salary cap yang ditentukan La Liga.


Langkah Barcelona Berikutnya?

Pakar transfer Eropa, Fabrizio Romano dalam channel Youtubenya menyebut bahwa harapan Barcelona untuk mempertahankan Messi masih ada.

Joan Laporta dilaporkan masih akan mencoba melobby La Liga. Laporta kabarnya akan mencoba menekan otoritas La Liga dengan mengumumkan bahwa Messi tidak jadi memperpanjang kontrak.

Namun laporan lain yang beredar mengatakan bahwa La Liga akan tetap pada pendirian mereka. Mereka tidak akan mengijinkan Messi didaftarkan sampai salary cap Barcelona terpenuhi.

Jadi langkah realistis yang harus dilakukan Barcelona menurut laporan Mundo Deportivo adalah secepat mungkin menjual pemain-pemain yang memiliki gaji besar agar Messi bisa didaftarkan.


City Mustahil, PSG Gerak Cepat

Lebih lanjut, Fabrizio Romano mengklaim bahwa situasi ini membuat sejumlah klub top Eropa mulai bergerak untuk mendatangkan Messi.

Salah satu tim yang diunggulkan bisa merekrut Messi adalah Manchester City. The Citizens sudah lama dikaitkan dengan Messi karena kedekatannya dengan sang manajer, Pep Guardiola.

Namun Romano mengklaim bahwa transfer Messi ke City mustahil terjadi. Karena City baru beberapa jam yang lalu menyelesaikan transfer 100 juta pounds Jack Grealish, sehingga mereka tidak punya dana lagi untuk membayar gaji selangit Messi.

Menurut Romano, saat ini klub yang paling berpotensi mendapatkan jasa Messi adalah PSG. Mereka sudah menjalin kontak dengan agen Messi, meski pembicaraan masih berada di tahap awal.

Sumber: Berbagai Sumber

Membedah Masalah Barcelona

Membedah Masalah Barcelona, Kenapa Tidak Bisa Rekrut Lionel Messi?

Bola.net 2021-08-06 06:30:00
Lionel Messi dipastikan meninggalkan Barcelona. Tidak ada kesepakatan kontrak baru, atau lebih tepatnya tidak bisa. Fans Barca harus gigit jari.

Lionel Messi dipastikan meninggalkan Barcelona. Tidak ada kesepakatan kontrak baru, atau lebih tepatnya tidak bisa. Fans Barca harus gigit jari.

Jumat (6/8/2021) dini hari WIB, seharusnya fans Barca menunggu kabar baik dari klub, tapi yang terjadi justru sebaliknya. Bukan pengumuman kontrak baru yang dirilis klub.

Alih-alih, Blaugrana mengumumkan bahwa Messi bakal meninggalkan Camp Nou. Tidak ada kontrak baru untuk La Pulga, masalahnya cukup besar.

LATEST NEWS | Leo #Messi will not continue with FC Barcelona

Pengumuman Barca ini tentu menuai reaksi besar dari fans dan penikmat sepak bola secara umum. Selama bertahun-tahun, Messi adalah Barcelona itu sendiri.

Masalahnya, Barca tidak punya pilihan. Mereka tidak bisa menawarkan kontrak baru untuk Messi, mengapa begitu?


Alasan Messi gak bisa lanjut

Klub-klub Spanyol harus mematuhi aturan batas pengeluaran, termasuk beban gaji dan pembelian pemain baru, yang ditentukan oleh La Liga.

Sebelum pandemi virus corona, ESPN mengklaim pengeluaran Barcelona mencapai total 600 juta euro. Angka itu berkurang menjadi 347 euro musim lalu, tapi itu masih terlalu tinggi.

Barca masih harus memangkas angka tersebut untuk musim depan. Karena itu, untuk mendaftarkan kontrak baru Messi ke La Liga, Barca harus memotong beban gaji banyak pemain atau menjual banyak pemain sekaligus.

Masalahnya, sejauh ini Barca kesulitan menjual pemain-pemain dengan gaji besar seperti Miralem Pjanic, Philippe Coutinho, dan Samuel Umtiti.

Barca juga belum mencapai kesepakatan pemotongan gaji dengan nama-nama besar seperti Gerard Pique, Busquets, dan Jordi Alba.


Tidak ada uang, tidak ada Messi

Singkatnya, saat ini Barca tidak punya cukup uang untuk merekrut Messi dengan kontrak baru. Sebenarnya bisa saja membuat Messi meneken kontrak sekarang, tapi pembayaran gaji selama masa kontrak itu bakal sulit terpenuhi.

La Liga tidak bisa menerima kasus seperti itu. Ketika klub mendaftarkan pemain, harus jelas bagaimana arus keuangan klub tersebut sepanjang masa kontrak tersebut, dari mana uangnya, apakah uang tersebut bisa dialokasikan untuk membayar gaji, dsb.

Nah sekarang Barca bahkan masih harus menyesuaikan perhitungan untuk pemain-pemain yang masih terikat kontrak. Jangankan memikirkan kontrak baru Messi, Barca pun kesulitan mendaftarkan pemain-pemain free transfer yang direkrut musim panas ini.

Lagi pula, kasus Messi dianggap sebagai pembelian baru karena dia sudah berstatus free transfer sejak 1 Juli 2021 lalu.


La Liga harus tegas

Beberapa bulan terakhir, Laporta diduga mencoba bernegosiasi dengan La Liga untuk mengendurkan aturan finansial tersebut. Masalahnya, La Liga harus bersikap adil sebagai penyelenggara kompetisi.

Jika La Liga mengendurkan peraturan khusus untuk Messi, klub-klub lain bakal protes keras dan bakal menuntut kelonggaran yang sama. Presiden La Liga, Javier Tebas, juga sudah mengatakan bahwa dia tidak bisa mengubah peraturan tersebut.

Akibatnya, Barca berada di posisi sulit, dan hasilnya seperti yang sudah kita lihat dalam beberapa jam terakhir: Lionel Messi harus meninggalkan Barcelona.


Selebrasi Messi

Lionel Messi's first and last Barcelona goal celebrations

Sixteen years apart. pic.twitter.com/N6lDMgfB5P


Gol-gol Messi

Lionel Messi is the only player in LaLiga history to score 30+ goals in NINE different seasons:

2009/10 (34)
2010/11 (31)
2011/12 (50)
2012/13 (46)
2014/15 (43)
2016/17 (37)
2017/18 (34)
2018/19 (36)
2020/21 (30)

Incredible. pic.twitter.com/I1GP7ecOot


Kepergian legenda

pic.twitter.com/TDtzJvHPi0


Akhir sebuah era

The end of the greatest era in football history pic.twitter.com/h2rdhyee58

Sumber: Sport, Twitter, Bola

12 Calon Klub Baru Leo Messi

12 Calon Klub Baru Lionel Messi: Berani Coba Tantangan Pindah ke Manchester United atau Chelsea?

Bola.net 2021-08-06 07:50:00
Barcelona berpisah dengan Lionel Messi. Kini, tersisa satu pertanyaan besar yakni klub mana yang akan dibela Lionel Messi?

Barcelona telah membuat pengumuman besar beberapa waktu lalu. Mereka berpisah dengan Lionel Messi. Kini, tersisa satu pertanyaan besar yakni klub mana yang akan dibela Lionel Messi?

Barcelona dan Messi sejatinya sudah punya kesepakatan verbal ihwal kontrak baru. Akan tetapi, Barcelona tidak bisa mendaftarkan Messi ke La Liga karena mereka sudah melewati batas atas nilai kontrak pemain per musim.

"Mengingat situasinya, Lionel Messi takkan lanjut bersama Barcelona. Kedua belah pihak sangat menyayangkan bahwa keinginan pemain dengan klub tidak dapat dipenuhi," begitu bunyi pernyataan klub.

Lantas, ke mana Lionel Messi akan berlabuh pada musim 2021/2022? Apakah Messi akan mengambil tantangan baru dengan pindah ke Manchester United? Atau pindah ke Asia seperti Xavi dan Andres Iniesta? Yuk simak selengkapnya di bawah ini ya Bolaneters.


Manchester City

Manchester City seperti terkena 'prank' dengan kabar Messi. Sebab, Man City baru saja merampungkan transfer Jack Grealish, sosok yang disebut sebagai Messi dengan kaki kanan. Man City sudah mengeluarkan banyak uang.

Tapi, Man City masih punya peluang untuk membawa Messi yang sesungguhnya. Messi yang bermain dengan kaki kiri. Man City bisa membatalkan transfer Harry Kane dan membawa Messi ke Stadion Etihad agar bisa bereuni dengan Pep Guardiola.


Inter Milan

Inter Milan punya tradisi bagus dengan pemain asal Argentina. Inter juga punya sosok kunci yang bisa membawa Messi ke Italia, Javier Zanetti. Sang wakil presiden adalah sosok yang dihormati Messi ketika sama-sama bermain di timnas Argentina.

Inter kesulitan finansial? Benar. Tapi, jika menerima tawaran mewah dari Chelsea untuk Romelu Lukaku, bukankah Inter akan punya cukup uang untuk membayar kontrak La Pulga.


PSG

PSG tentu saja menjadi klub yang paling bersemangat mengejar tanda tangan Messi. Ini adalah opsesi lama PSG. Mereka punya Neymar yang bisa menggoda Messi untuk pindah.

Situasinya cukup sederhana. Kylian Mbappe tidak ingin meneken kontrak baru dan PSG bisa melepasnya. Setelah itu, semua anggaran yang didapat dari transfer Mbappe dipakai untuk mengontrak Messi. Skenario yang ideal bukan?


Manchester United

United kini sedang membangun proyek jangka panjang. Jadon Sancho dan Raphael Varane sudah datang. Dua pembelian besar bagi Setan Merah. Namun, mereka belum berhenti membeli pemain baru.

Messi bisa melengkapi proyek besar yang dibangun United. Bagi Messi, United bisa jadi tantangan besar setelah berada di 'zona nyaman' bersama Barcelona. Messi bisa berjuang membawa United meraih gelar juara.


Liverpool

Liverpool nampak pasif pada bursa transfer awal musim 2021/2022. Setelah membawa Ibrahima Konate, The Reds belum membeli satu pun pemain baru. Liverpool mungkin sedang menyimpan uangnya untuk manuver besar sebelum bursa transfer ditutup.

Liverpool adalah klub dengan sejarah besar dan suporter fantastis. Bagi Messi, ini bisa menjadi daya tarik yang besar. Messi punya pengalaman bermain di Anfield, sebagai lawan dan kalah. Kini, Messi bisa berada di pihak yang sama dengan fans The Reds.


Newell's Old Boys

Messi sangat cinta Barcelona dan mungkin tidak ingin berjumpa sebagai lawan di atas lapangan. Jika itu yang dipikirkan Messi, maka pindah ke Newell's Old Boys adalah opsi terbaik. Messi kembali ke klub masa kecilnya.

Hanya saja, sulit melihat Newell's Old Boys mampu membayar gaji Lionel Messi. Gagasan ini terkesan mustahil dan tidak masuk akal, kecuali Messi bersedia memotong gajinya secara signifikan. Bagaimana, Messi?


Chelsea

Chelsea punya kemampuan finansial yang sangat bagus. Chelsea juga sejak lama tertarik dengan Lionel Messi. Kini, The Blues punya peluang untuk bisa membawa La Pulga ke London Barat.

Chelsea mungkin bisa membatalkan transfer Romelu Lukaku dari Inter Milan. Chelsea kemudian mengalihkan semua anggaran untuk mengontrak Messi. Atau, Chelsea juga bisa mendatangkan Lukaku dan Messi sekaligus. Ngeri!


Juventus

Melihat Lionel Messi satu tim dengan Cristiano Ronaldo? Mengapa tidak!

Juventus kini punya peluang untuk bisa menduetkan dua The GOAT, Messi dan Ronaldo. Juventus tidak perlu membayar sepeser pun karena status Messi adalah free transfer.

Hanya saja, Juventus harus melepas beberapa pemain bintangnya untuk memiliki slot gaji yang besar guna membayar Messi. Bagaimana Juventus, tertarik dengan jasa La Pulga?


Pindah ke Asia

Tidak banyak klub-klub Asia yang mampu membayar Messi. Namun, bukan tidak mungkin kesempatan itu terbuka. Kepindahan Andres Iniesta ke Vissel Kobe bisa menjadi inspirasi bagi Messi untuk berkarir di Jepang, misalnya.

Kepindahan Iniesta tidak lepas dari peran Rakuten, perusahaan yang menjadi sponsor utama Vissel Kobe dan Barcelona. Nah, faktor ini bisa membuat kemungkinan Messi pindah ke Jepang terbuka.


Pindah ke Qatar

Selain pindah ke Jepang, Messi juga punya opsi datang ke negara Asia lainnya yakni Qatar. Messi bisa saja bergabung dengan klub Al Sadd dan menyusul jejak Xavi yang pensiun di sana. Saat ini, Xavi jadi pelatih di Al Sadd.

Bagi Qatar, kedatangan Messi bisa jadi bukti ambisi besar mereka di sepak bola. Qatar akan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 dan Messi bisa jadi bagian dari promosi even besar tersebut.


Inter Miami

Messi datang ke Miami usai menjadi juara Copa America 2021 lalu. Messi datang untuk berlibur. Namun, bukan tidak mungkin itu adalah persiapan Messi untuk melanjutkan karir di Inter Miami kan?

Inter Miami memang klub baru di Major League Soccer [MLS]. Tapi, mereka punya ambisi besar. "Kami memiliki aspirasi untuk membawa pemain terbaik ke sini dan Leo Messi adalah pemain generasi ini," buka Jorge Mas, pemilik Inter Miami.


Barcelona

Ya, tetap di Barcelona. Masih ada waktu hingga 25 hari ke depan bagi Barcelona untuk mendaftarkan Lionel Messi sebagai pemain barunya musim 2021/2022. Batas akhir penutupan pendaftaran pemain La Liga masih lama. Segalanya bisa terjadi.

Barcelona dan Messi sudah punya kesepakatan kontrak. Jika klub mampu melepas pemain yang menjadi 'beban' keuangan klub, bukan tidak mungkin bakal ada ruang untuk Messi. Bukan begitu, para fans Barcelona?

Sumber: Berbagai Sumber

Gara-gara Uang, Barca dan Messi Harus Berpisah

Uang! Faktor yang Membuat Barcelona dan Lionel Messi Harus Berpisah

Bola.net 2021-08-06 08:59:00
Kaveh Solhekol menyebut uang adalah faktor utama yang membuat Lionel Messi dan Barcelona harus berpisah

Jurnalis Sky Sports, Kaveh Solhekol, menyebut uang adalah faktor utama yang membuat Lionel Messi dan Barcelona harus berpisah. Bukan hanya soal gaji atau nilai kontrak, tapi juga situasi finansial sulit yang dihadapi Barcelona.

Barcelona membuat fans mereka patah hati. Sebab, klub asal Catalan itu secara resmi mengumumkan tidak melanjutkan kerja sama dengan Lionel Messi. Keputusan yang tentu saja membuat fans Barcelona kaget.

Sebelum membuat sedih fans mereka, sang presiden Joan Laporta telah membuat pernyataan bahwa klub sudah sepakat dengan Messi soal kontrak baru. Namun, Barcelona butuh waktu dan uang untuk secara resmi memberikan kontrak pada La Pulga.


Uang

Menurut Solhekol, uang adalah faktor yang menjadi dalang di balik kegagalan Barcelona mempertahankan Messi. Walau sudah menurunkan nilai kontraknya hingga 50 persen, nyatanya Barcelona masih tidak punya cukup uang.

"Ini semua tentang uang, itu semua soal uang," kata Solhekol kepada Sky Sports.

"Messi memiliki kontrak yang luar biasa di Barcelona. Dia mendapat sekitar 100 juta euro setahun. Itu habis pada akhir musim lalu, dan ke depan tidak mungkin Barcelona bisa memberinya kontrak semacam itu lagi," tegas Solhekol.

Barcelona, sambung Solhekol, punya dua masalah besar. Pertama, klub asal Catalan kehilangan banyak pemasukan selama pandemi. Kedua, mereka punya batasan nilai kontrak pemain yang ditetapkan La Liga berdasar kesehatan finansial klub.


Kompori yang Gagal

Barcelona dan Lionel Messi sudah melakukan kompromi untuk mencari situasi. Kontrak La Pulga dipotong hingga 50 persen. Namun, situasi terkini membuat kompromi itu seolah tidak berarti. Barcelona tetap tidak bisa mendaftarkan Messi.

"Sampai minggu ini, sepertinya Messi bersedia menerima itu, dengan upahnya turun menjadi sekitar 50 juta euro. Tapi dalam beberapa hari terakhir, semuanya telah berubah," kata Solhekol.

"Kami belum tahu apakah itu karena Messi merasa bisa mendapatkan lebih banyak uang di tempat lain, mungkin sebuah klub berbicara dengannya dan mengatakan datang ke Paris, kami ingin menyatukan Anda kembali dengan Neymar, atau apa yang dikatakan Barcelona benar, dan bahkan jika Barcelona memberinya pemotongan gaji 50 persen, mereka tak bisa mempertahankan Messi," tegas Solhekol.

Sumber: Sky Sports

Messi Pergi Sebagai Legenda

Lionel Messi Tinggalkan Barcelona dengan 6 Ballon d'Or, Legenda!

Bola.net 2021-08-06 10:00:00
Lionel Messi meninggalkan Barcelona dengan kepala tegak. 6 Ballon dOr sudah dia persembahkan, plus 10 gelar La Liga. Dia adalah legenda.

Lionel Messi meninggalkan Barcelona dengan kepala tegak. 6 Ballon d'Or sudah dia persembahkan, plus 10 gelar La Liga.

Jumat (6/8/2021), Barcelona mengumumkan perpisahan dengan Lionel Messi. Tidak ada kontrak baru, justru kabar buruk. Pihak klub tidak bisa menyiasati aturan ketat La Liga terkait finansial.

Barca tidak punya cukup uang untuk membeli Messi kembali. Bahkan saat ini Joan Laporta harus disibukkan dengan negosiasi pemotongan gaji pemain-pemain yang sudah ada.

Meski pahit, Messi menerima kabar dari Laporta dengan kepala tegak. Dia tahu Barca juga mengalami kesulitan besar.


One-Club Men

Messi sudah 34 tahun, tapi dia diyakini masih bisa bermain di level top sampai 3-4 tahun lagi. Messi bahkan baru menjuarai Copa America bersama Argentina.

Messi menghabiskan nyaris sepanjang kariernya di Barcelona. Dia didatangkan dari Newell's Old Boys pada tahun 2000, menembus tim inti pada tahun 2005, dan terus mengembangkan kariernya sejak saat itu.

Seharusnya, Messi mengharapkan kesempatan pensiun di Barca. Dengan begitu dia bisa menjadi legenda klub, one-club men yang setia dan sudah mempersembahkan puluhan gelar.

Sayangnya, harapan Messi tidak bisa terwujud. Dia harus pergi dengan segudang trofi. La Pulga pergi meninggalkan 6 Ballon d'Or dan sederet torehan manis berikut ini.


Ballon d'Or (6)


Liga Champions (4)


La Liga (10)


Copa del Rey (7)


UEFA Supercup (3)


Spanish Super Cup (8)


Top Scorer (20)


UEFA Best Player in Europe (3)


The Best FIFA Men's Player (1)

Melihat torehan-torehan tersebut, rasanya butuh puluhan tahun ke depan sampai Barcelona bisa menemukan pemain sebagus Lionel Messi lagi.

Sumber: Transfermarkt

Messi Gabung PSG, Begini Formasinya

Lionel Messi Tinggalkan Barcelona dengan 6 Ballon d'Or, Legenda!

Bola.net 2021-08-06 10:00:00
Lionel Messi meninggalkan Barcelona dengan kepala tegak. 6 Ballon dOr sudah dia persembahkan, plus 10 gelar La Liga. Dia adalah legenda.

Lionel Messi meninggalkan Barcelona dengan kepala tegak. 6 Ballon d'Or sudah dia persembahkan, plus 10 gelar La Liga.

Jumat (6/8/2021), Barcelona mengumumkan perpisahan dengan Lionel Messi. Tidak ada kontrak baru, justru kabar buruk. Pihak klub tidak bisa menyiasati aturan ketat La Liga terkait finansial.

Barca tidak punya cukup uang untuk membeli Messi kembali. Bahkan saat ini Joan Laporta harus disibukkan dengan negosiasi pemotongan gaji pemain-pemain yang sudah ada.

Meski pahit, Messi menerima kabar dari Laporta dengan kepala tegak. Dia tahu Barca juga mengalami kesulitan besar.


One-Club Men

Messi sudah 34 tahun, tapi dia diyakini masih bisa bermain di level top sampai 3-4 tahun lagi. Messi bahkan baru menjuarai Copa America bersama Argentina.

Messi menghabiskan nyaris sepanjang kariernya di Barcelona. Dia didatangkan dari Newell's Old Boys pada tahun 2000, menembus tim inti pada tahun 2005, dan terus mengembangkan kariernya sejak saat itu.

Seharusnya, Messi mengharapkan kesempatan pensiun di Barca. Dengan begitu dia bisa menjadi legenda klub, one-club men yang setia dan sudah mempersembahkan puluhan gelar.

Sayangnya, harapan Messi tidak bisa terwujud. Dia harus pergi dengan segudang trofi. La Pulga pergi meninggalkan 6 Ballon d'Or dan sederet torehan manis berikut ini.


Ballon d'Or (6)


Liga Champions (4)


La Liga (10)


Copa del Rey (7)


UEFA Supercup (3)


Spanish Super Cup (8)


Top Scorer (20)


UEFA Best Player in Europe (3)


The Best FIFA Men's Player (1)

Melihat torehan-torehan tersebut, rasanya butuh puluhan tahun ke depan sampai Barcelona bisa menemukan pemain sebagus Lionel Messi lagi.

Sumber: Transfermarkt

Ramalan Bursa Taruhan Soal Masa Depan Messi

Ramalan Bursa Taruhan Soal Klub Baru Lionel Messi: PSG Terdepan, MU Gimana Ya?

Bola.net 2021-08-06 07:55:00
Setelah dipastikan tak memperpanjang kontrak di Barcelona, spekulasi soal siapa klub baru Lionel Messi pun santer dibicarakan. Sejumlah tim menjadi kandidat kuat untuk menggaet La Pulga.

Setelah dipastikan tak memperpanjang kontrak di Barcelona, spekulasi soal siapa klub baru Lionel Messi pun santer dibicarakan. Sejumlah tim menjadi kandidat kuat untuk menggaet La Pulga.

Seperti diberitakan sebelumnya, Barcelona resmi mengumumkan bahwa Lionel Messi tak bakal memperpanjang kontraknya dan kini bisa pergi secara gratis ke klub lain.

Awalnya, kubu Barcelona dan Messi sebenarnya sudah menyepakati kontrak baru dengan nilai gaji yang dipangkas hingga 50 persen. Pengumuman pun sudah dijadwalkan.

Sayangnya, Barcelona masih belum bisa memenuhi persyaratan dari pihak La Liga untuk menurunkan beban gaji mereka. Alhasil, kontrak baru Messi pun tak bisa ditandatangani.


Bursa Taruhan Betfair

Perusahaan judi asal Inggris, Betfair pun langsung membuat bursa taruhan tentang klub mana yang bakal menjadi tujuan Messi dalam beberapa hari ke depan.

Seperti yang bisa diprediksi, klub kaya raya Prancis, PSG berada di urutan teratas untuk bisa mendapatkan tanda tangan Messi. PSG memang sudah sejak lama mengindamkan La Pulga.

Sementara itu, Manchester City berada di urutan kedua karena mereka baru saja merekrut Jack Grealish dari Aston Villa dengan harga mencapai 100 juta poundsterling.


Daftar Rasio Taruhan Betfair

Berikut daftar rasio kemungkinan masa depan Messi versi Betfair selengkapnya:

Sumber: Betfair

Ketika Messi Terima Tantangan Ronaldo

Lionel Messi Terima Tantangan Cristiano Ronaldo: Tinggalkan Zona Nyaman di Barcelona

Bola.net 2021-08-06 08:15:00
Lionel Messi akhirnya dipastikan akan berganti klub pada musim panas ini, sekaligus menerima tantangan yang pernah diberikan oleh sang rival abadi, Cristiano Ronaldo.

Lionel Messi akhirnya dipastikan akan berganti klub pada musim panas ini, sekaligus menerima tantangan yang pernah diberikan oleh sang rival abadi, Cristiano Ronaldo.

Seperti diberitakan sebelumnya, Barcelona resmi mengumumkan bahwa Lionel Messi tak bakal memperpanjang kontraknya dan kini bisa pergi secara gratis ke klub lain.

Awalnya, kubu Barcelona dan Messi sebenarnya sudah menyepakati kontrak baru dengan nilai gaji yang dipangkas hingga 50 persen. Pengumuman pun sudah dijadwalkan.

Sayangnya, Barcelona masih belum bisa memenuhi persyaratan dari pihak La Liga untuk menurunkan beban gaji mereka. Alhasil, kontrak baru Messi pun tak bisa ditandatangani.


Harapan Ronaldo Jadi Nyata

Pada musim lalu, Ronaldo sempat melontarkan harapannya agar Messi bisa berkiprah bersama klub lain di liga lain. Kini, harapan tersebut bakal menjadi kenyataan.

Saya ingin dia [Messi] datang ke Italia suatu hari nanti. Saya harap dia menerima tantangan untuk meninggalkan zona nyamannya," ujar Ronaldo kala itu seperti dikutip Marca.

"Tapi jika dia bahagia di Barcelona, maka tentu saja saya menghormati itu." tukasnya ketika itu.


Masa Depan Messi

Sederet klub top Eropa pun langsung disebut menjadi kandidat kuat pelabuhan karier baru Messi. Dua nama yang paling santer tentu saja adalah PSG dan Manchester City.

Meski demikian, masih ada klub-klub potensial lainnya yang bisa dituju Messi, mulai dari Inter Milan hingga Manchester United.

Tak hanya itu, Messi juga bisa jadi mengambil keputusan untuk merumput di benua lain, bergabung dengan klub MLS Amerika Serikat contohnya. Bahkan, kembali ke klub masa kecil Messi, Newell's Old Boys juga masuk perhitungan.

Sumber: Marca

Messi yang Pergi, Ronaldo Ikutan Trending

Lionel Messi Resmi Tinggalkan Barcelona, Cristiano Ronaldo Ikut Trending: El Clasico, Nasibmu Kini

Bola.net 2021-08-06 06:45:00
Lionel Messi Resmi Tinggalkan Barcelona, Cristiano Ronaldo Ikut Trending: La Liga, Nasibmu Kini

Raksasa La Liga, Barcelona resmi mengumumkan bahwa Lionel Messi tak bakal memperpanjang kontraknya dan kini bisa pergi secara gratis ke klub lain.

Awalnya, kubu Barcelona dan Messi sebenarnya sudah menyepakati kontrak baru dengan nilai gaji yang dipangkas hingga 50 persen. Pengumuman pun sudah dijadwalkan.

Sayangnya, Barcelona masih belum bisa memenuhi persyaratan dari pihak La Liga untuk menurunkan beban gaji mereka. Alhasil, kontrak baru Messi pun tak bisa ditandatangani.

Kabar ini tentu mendapat sambutan riuh dari pencinta sepak bola di seluruh dunia. Nama rival Messi, Cristiano Ronaldo pun ikut menjadi trending topic di media sosial Twitter.

Seperti apa ragam tweet dari para netizen tentang ramainya kabar dari Messi dan Ronaldo ini? Berikut beberapa di antaranya.


Beda Messi dan Ronaldo saat cabut dari La Liga

How Ronaldo How Messi
ended his Madrid ended his Barca
career career pic.twitter.com/ihYFMyIy0h


Aduh La Liga, nasibmu kini

La Liga has gone from Ronaldo vs Messi rivalry to Vinicius vs Dembele.


Beginilah jadinya La Liga tanpa Messi dan Ronaldo

El Clasico without Messi Ronaldo pic.twitter.com/LM86AH3AJS


Nasib El Clasico gimana ya?

nasib El Clsico gimana dah, Cristiano Ronaldo Lionel Messi 2 bintang yg selalu di tunggu dah pergi semuanya


Semua akan pergi pada waktunya

"Semua akan pergi pada waktunya"

Rossi
Messi
Ronaldo


Iya sedih banget pasti

Dulu jaman SD ditinggal Ronaldo ke Real Madrid aja sedihnya udah kaya apaan, gimana fans barca ya ngeliat Messi pergi gini, gw aja sedih bgt liatnya :( https://t.co/bLF1WN2K7m


Rating La Liga anjlok drastis

rating nya liga spanyol turun sih pasti, ditinggal Ronaldo aja ga seru aplg Messi pergi


Ronaldo mau balik, eh Messi malah pergi

Lagi banyak isu ronaldo balik ke madrid eh messi malah pergi dari barca ..


Sepakat! Mereka adalah legenda

Kemanapun Ronaldo Messi pergi, nama mereka tetap hidup dalam hati fansnya masing-masing. Bahkan, jika tiba hari dimana mereka benar2 pensiun. Mereka sudah jadi LEGENDA


Madridista ke Cules: Nah gini nih rasanya

Inilah yg dulu dirasakan para madridista ketika Cristiano Ronaldo, sergio Ramos,Cassilas pergi, yang dulu ditertawakan para decul
.
. Turut berdukacita (ingat klub lebih besar dari pemain)
.
.
. ___
Asal tw aj L. Messi perginya mendadak g bilang" pic.twitter.com/MAd5o8iZUr


Wow, Messi dan Ronaldo bersatu di PSG?

Harap harap lah messi dengan ronaldo pergi PSG


Terima Kasih, Messi dan Ronaldo

Setelah Ronaldo pergi dari Madrid pada tahun 2017, sekarang giliran Messi yang akan pergi dari Barca. Selalu ada rasa sedih ketika org yg dikagumi pergi dari club yg kita bela. Tapi tidak apa-apa, kita sudah pernah menyaksikan permainan Messi Ronaldo yg indah. Terimakasih.


Apakah benar demikian?

Kalau Messi ke PSG, berarti Ronaldo ga jadi pergi. Bisa2 malah perpanjang kontrak. Messi mengubah peta transfer dunia https://t.co/X586XeIKhw


La Liga makin gak seru nih jadinya

Messi bakal kemana ya. Jujur ajasih semenjak ronaldo pergi dari Spanyol aku males nonton laliga gk seru blas

Sumber: Twitter

Tribut Barca untuk Messi

Dijamin Bikin Mewek! Barcelona Bikin Tribut Indah untuk Melepas Kepergian Lionel Messi

Bola.net 2021-08-06 07:01:00
Raksasa La Liga, Barcelona resmi mengumumkan bahwa Lionel Messi tak bakal memperpanjang kontraknya dan kini bisa pergi secara gratis ke klub lain.

Raksasa La Liga, Barcelona resmi mengumumkan bahwa Lionel Messi tak bakal memperpanjang kontraknya dan kini bisa pergi secara gratis ke klub lain.

Awalnya, kubu Barcelona dan Messi sebenarnya sudah menyepakati kontrak baru dengan nilai gaji yang dipangkas hingga 50 persen. Pengumuman pun sudah dijadwalkan.

Sayangnya, Barcelona masih belum bisa memenuhi persyaratan dari pihak La Liga untuk menurunkan beban gaji mereka. Alhasil, kontrak baru Messi pun tak bisa ditandatangani.


Kompilasi Aksi Messi

Lewat akun media sosial resmi mereka, Barcelona pada Jumat (6/8/2021) dini hari WIB pun mengunggah dua video tribut indah untuk melepas kepergian Messi.

Video pertama berdurasi lebih dari tujuh menit menampilkan kompilasi dari aksi-aksi luar biasa di atas lapangan yang diperlihatkan Messi selama 17 tahun berseragam Barcelona

Dalam video tersebut, Barcelona hanya melengkapinya dengan caption singkat dan padat berbunyi, "Terima kasih, Leo."

Thank you, Leo. pic.twitter.com/cdS9xWe8Me


Messi dari Masa ke Masa

From boy to goat. pic.twitter.com/G0JPpPi5WC

Sementara itu pada video tribut kedua, Barcelona memperlihatkan bagaimana transformasi wajah Messi dari tahun ke tahun selama berseragam Blaugrana.

Dari wajahnya masih imut ketika melakukan debut pada 2005 silam, menuju ke semakin dewasa pada masa keemasan kariernya, hingga brewok lebat menghiasi muka Messi.

Kali ini, Barcelona melengkapinya unggahannya dengan caption berbunyi, "Dari bocah ke goat," merujuk pada julukan Messi yakni GOAT alias Greatest of All Time.

Sumber: FC Barcelona

Kisah Messi dan Para Pemain yang Dilepas Barcelona

Transfer Barcelona: 8 Pemain Resmi Dilepas Termasuk Lionel Messi, Siapa Bakal Menyusul?

Bola.net 2021-08-07 16:44:00
Update transfer Barcelona usai melepas Lionel Messi. Sejauh ini, klub asal Catalan itu telah resmi melepas delapan pemain. Baik dengan transfer permanen, pinjaman, maupun free transfer.

Update transfer Barcelona usai melepas Lionel Messi. Sejauh ini, klub asal Catalan itu telah resmi melepas delapan pemain. Baik dengan transfer permanen, pinjaman, maupun free transfer.

Barcelona sejatinya melakukan transfer dengan cukup baik pada kasus perekrutan pemain baru. Barcelona mendapat tiga pemain bintang dengan status free transfer yakni Sergio Aguero, Memphis Depay, dan Eric Garcia.

Namun, krisis keuangan membuat tim racikan Ronald Koeman tidak bisa leluasa di bursa transfer. Barcelona harus melepas bintang utama klub, Lionel Messi. Barcelona tidak bisa mendaftarkan Messi karena aturan Financial Fair Play di La Liga.

Lantas, siapa saja delapan pemain yang sudah resmi dilepas Barcelona? Siapa pula yang mungkin menyusul jejak Messi hijrah dari Camp Nou? Simak di bawah ini ya Bolaneters.


Lionel Messi


Carles Alena


Moncu


Junior Firpo


Jean-Clair Todibo


Trincao


Juan Miranda


Matheus Fernandes


Miralem Pjanic

Pjanic diklaim telah menolak tawaran dari dua klub dalam dua hari terakhir karena ia hanya ingin bergabung dengan Juventus. Tapi, Juventus memintanya turun gaji secara signifikan [Sportitalia].


Antoine Griezmann

Griezmann belakangan dikaitkan dengan Real Madrid. Namun, hanya sebatas rumor. Satu-satunya negosiasi resmi terkait transfer Griezmann terjadi dengan Atletico Madrid. Griezmann akan ditukar dengan Saul, tapi belum ada kesepakatan [Fabrizio Romano].


Philippe Coutinho

Barcelona berharap Coutinho pindah dan klub mengurangi beban gaji. Namun, walau banyak klub yang tertarik, belum ada tawaran resmi. Barcelona kesulitan melepas Coutinho [Goal International].


Sergi Roberto

Roberto kehilangan tempat di tim utama dan beberapa klub tertarik padanya. Roberto punya tawaran dari Manchester City, tapi dia menolak pindah [Marca].


Sergio Aguero

Aguero marah karena Barcelona melepas Lionel Messi. Aguero bersedia bergabung dengan Barca karena ingin bermain dengan Aguero. Kini, Aguero sedang mengevaluasi kontraknya [BTV Esports].


Samuel Umtiti

Barcelona kesulitan melepas Umtiti. Sang pemain masuk daftar jual. Namun, performa yang buruk dua musim terakhir membuat Umtiti sulit dilepas. Umtiti pun ogah pindah [Diario Sport].


Ousmane Dembele

Dembele belum meneken kontrak baru dengan Barcelona. Klub tengah mengevakuasi situasi Dembele. Dia banyak terlibat kasus indisipliner dan sering cedera. Dembele mungkin dilepas [Marca].


Ilaix Moriba

Moriba dibekukan dari tim utama Barcelona karena menolak tawaran kontrak baru. Saat ini, dia bermain untuk Barca B. Banyak klub Inggris tertarik padanya [Mundo Deportivo].


Neto

Neto hanya menjadi kiper kedua di Barcelona. Arsenal diklaim siap membeli Neto dengan harga 6 juta euro [SportsMole]

SUmber: Berbagai Sumber